Rabu, 04 Desember 2019

Makalah TIK


MAKALAH
MENGOLAH LEMBAR KERJA PERSENTASI
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah TIK
Dosen Pengampu : Andi Ainunnajib, S.T., M.Pd.I.

 

                                                                                          

Disusun Oleh :
Gita Robiul Awaliah (18.03.3462)
Rita Nuraprilia (18.03.3496)

INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID)
FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
CIAMIS – JAWA BARAT
2019


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah yang berjudul “Mengolah Lembar Kerja Persentasi” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penulis menyadari banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, itu dikarenakan kemampuan penulis yang terbatas. Namun berkat bantuan dan dorongan serta bimbingan dari Bapak dosen mata kuliah TIK serta bantuan dari berbagai pihak, akhirnya pembuatan makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penulis berharap dengan penulisan makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan bagi para pembaca umumnya serta semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengembangkan prestasi di masa yang akan datang.


Ciamis, November 2019


Penulis
DFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1
A.    Latar Belakang..................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah................................................................................. 1
C.     Tujuan Masalah..................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................................ 2
A.    Menyisipkan Objek, Diagram, Chart, Tabel dan Word Art................. 2
B.     Menyisipkan Audio.............................................................................. 3
C.     Mengatur Efek Animasi....................................................................... 4
D.    Mencetak Slide sebagai Handout......................................................... 8
BAB III PENUTUP......................................................................................... 10
A.    Kesimpulan........................................................................................... 10
B.     Saran..................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 11


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Microsoft Power Point merupakan salah satu program aplikasi yang cukup handal dan profesional untuk membuat presentasi. Fasilitas pada Microsoft Power Point juga sangat lengkap jika dibandingkan dengan program aplikasi lainnya. Kelengkapan fitur dan fasilitas di dalamnya membuat user merasa nyaman saat menggunakannya.
Untuk membuat presentasi yang lebih menarik, di dalam Microsoft Power Point kita bisa menambahkan berbagai visualisasi seperti gambar, diagram, video, tabel, dan efek animasi, bahkan kita bisa menambahkan audio untuk membuat presentasi lebih menarik lagi.
Setelah membuat lembar presentasi, kita bisa mencetak slide-slide yang telah kita buat. Dalam mencetaknya, kita bisa mencetak satu slide dalam satu lembar atau beberapa slide dalam satu lembar.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara menyisipkan objek, diagram, chart, tabel dan word art?
2.      Bagaimana cara menyisipkan audio?
3.      Bagaimana cara mengatur efek animasi?
4.      Bagaimana cara mencetak slide sebagai handout?
C.     Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui cara cara menyisipkan objek, diagram, chart, tabel dan word art
2.      Untuk mengetahui cara menyisipkan audio
3.      Untuk mengetahui cara mengatur efek animasi
4.      Untuk mengetahui cara mencetak slide sebagai handout



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Menyisipkan Objek, Diagram, Chart, dan Word Art
Dalam presentasi, penambahan objek, diagram, chart, tabel, dan word art akan memberikan nilai plus tersendiri. Berikut cara menyisipkan objek, diagram, chart, dan word art.
1.        Menyisipkan Objek
Dokumen presentasi Power Point dapat dilengkapi dengan objek audio maupun visual untuk menghasilkan presentasi yang menarik. Ada beragam jenis objek yang bisa disisipkan ke dalam dokumen presentasi anda, misalnya keterangan, gambar (*.jpg, *.bmp, dan lain-lain), diagram, tabel, grafik (chart), clipart, WordArt, suara, bahkan movie/film. Caranya letakan petunjuk mouse pada area slide, klik menu (insert), pilih Picture atau bisa juga klik Clip Art/ Shapes/ Photo Album, kemudian pilih gambar atau objek yang diinginkan, klik OK. Aturlah poss dan ukurannya (caranya sama seperti mengatur gambar pada Microsoft Word)
2.        Menyisipkan Diagram
Untuk menyisipkan diagram, klik menu Insert → SmartArt Graphic. Pilih salah satu bentuk diagram untuk kemudian tinggal mengubah teksnya.
3.        Menyisipkan Chart
Untuk menyisipkan Chart, caranya klik Insert → Chart. Akan muncul lembar kerja toolbar (datasheet) untuk memasukan data. Perhatikan pada toolbar standar akan muncul tambahan beberapa icon yang menyangkut grafik dan pada baris menu terdapat penambahan, seperti menu data, chat, dan pada menu format selected data tabel.
4.        Menyisipkan Tabel
Objek tabel sering digunakan dalam penyajian presentasi, yang biasanya dipakai dalam pembuatan laporan. Cara menambahkan objek tabel pada presentasi adalah dengan memilih Ribbon Insert. Pada group tables, pilih Table →Insert Table dan tentukan jumlah baris dan kolom. Kemudian masukkan data yang dibutuhkan, setelah itu klik OK. Maka tabel tersebut akan segera menjadi bagian presentasi.
5.        Menyisipkan WordArt.
Untuk menyisipkan WordArt, caranya pilih slide yang akan diberi WordArt,, klik menu Insert → WordArt. Pada pilihan yang ada, pilihlah salah satu kemudian ketik teksnya dan klik OK.
B.     Menyisipkan Audio
Berikut ini cara menyisipkan Sound pada Power Point, yang nantinya lagu (mp3) akan terdengar sampai slide terakhir.
1.      Buka presentasi yang akan disisipi suara.
2.      Klik menu Insert - Sounds - Sound from File.
3.      Selanjutnya pilih file yang berekstensi mp3 atau wav.
4.      Kalau sudah menemukan lagu yang cocok untuk dijadikan
background presentasi silahkan klik OK.
5.      Selanjutnya akan muncul pertanyaan How do you want the sound to start in the slide show ?
6.      Kalau Anda memilih Automatically berarti suaranya otomatis berbunyi tanpa harus mengklik area slide show.
7.      Kalau memilih When Clicked berarti suaranya akan berbunyi setelah Anda mengklik di area slide show.
8.      Agar efek suaranya terdengar lebih mantap, kita harus mengatur sound tersebut lewat menu Custom Animation. Silakan klik menu Animations - Custom Animation.
9.      Klik kanan efek suara (mp3) - pilih Effect Options.
10.   Pada tab Effect, perhatikan tulisan Start playing, Misalnya Anda menginginkan efek suaranya muncul saat slide pertama ditampilkan, silakan pilih From beginning. Kemudian, perhatikan tulisan Stop playing. Misalnya Anda menginginkan efek suaranya ingin lanjut terus sampai slide yang paling akhir, silakan pilih After slides.
11.  Misalnya slide presentasi berjumlah 11 slide, silahkan ketikkan angka 11 pada kolom yang ada di sebelah kirinya kata slide.
12.  Kemudian klik tab Timing, perhatikan kata Start, kemudian pilih With Previous, mengapa ? Kalau tetap menggunakan After Previous efek suara tidak akan muncul kalau berpindah slide, maka dari itu pilih With Previous.
13.  Perhatikan tulisan Repeat.
14.  Yang namanya musik / suara, pasti punya durasi. Misalnya slide yang kita presentasikan dalam jumlah banyak (misalnya 50 slide) tiba-tiba musiknya berhenti, itu karena musiknya belum di repeat. Bagaimana caranya agar tetap lanjut sampai slide terakhir ?
15.  Mudah, silakan pilih Until End of Slide.
16.  Kalau ingin mengatur tinggi rendahnya suara dan menyembunyikan icon suara saat di slide show, silakan menuju tab Sound Settings.
17.  Kalau sudah beres semua, klik OK lalu tekan tombol F5 untuk melihat hasil presentasi yang telah di edit.
C.    Menyisipkan Efek Animasi
Efek animasi pada slide dapat digunakan agar tampilan slide lebih menarik dan atraktif. Ada beberapa bagian slide yang dapat diberi efek animasi, yaitu teks, objek gambar, maupun transisi atau pergantian slide.
Yang dimaksud animasi adalah membuat teks yang dapat dicetak satu persatu ke dalam layar, perbagan kata, atau sekaligus dering dengan sound (nada).
a.       Memberikan animasi pada teks.
1.      Pilih slide yang teksnya akan diberi animasi.
2.      Pilih Ribbon Animasi, lalu pilih Animate pada group Animation.
3.      Setelah memilih bentuk animate, maka animasi akan ditampilkan pada lembar kerja. 
4.      Atau bisa juga pilih Custom Animation untuk memilih bentuk animate yang lebih banyak.
5.      Untuk mengulang tampilan animasi klik Preview tool. Atau anda juga dapat menekan F5 untuk berpindah ke mode slide show dan Esc untuk kembali ke mode normal view.
b.      Memberikan animasi pada objek.
1.      Pilih slide yang gambar atau objeknya yang akan diberi animasi.
2.      Pilih Ribbon Animations.
3.      Pada group Animation, maka akan muncul jendela task panes Custom animation di sisi kanan lembar kerja.
Pada task panes Custom Animation terdapat dua menu sebagai berikut:
·         Change/ add effect
Untuk mengubah atau menambahkan animasi pada objek slide yang diseleksi.
·         Remove
Untuk menghapus animasi dengan mengklik nomor animasi pada presentasi, lalu mengklik Remove.
·         Start
Untuk menampilkan objek menjadi slide presentasi, klik mouse. Ada 3 pilihan untuk menampilkan objek, yaitu On Clik (untuk menampilkan objek dengan mengklik mouse), dan With Previous (untuk menampilkan objek yang menjadi presentasi secara bersamaan), dan After Previous (untuk menampilkan objek yang menjadi bagian presentasi satu persatu).
·         Direction
Untuk menampilkan objek dari arah tertentu.
·         Speed
Untuk mengatur keceparan animasi setiap objek.
                        4.      Pilih objek yang anda beri efek animasi.
5.      Klik tombol Add Effect pada jendela task pane.
6.      Akan muncul daftar efek yang dapat anda pilih. Anda dapat
memilih lebih dari satu efek untuk setiap objek atau gambar yang akan diberi animasi.
7.      Jika telah selesai memberi efek animasi, anda dapat mengatur modifikasi start, directon, dan speed-nya. Masing-masing efek animasi memiliki pilihan yang berbeda dalam memodifikasinya.
Disini, kreatifitas anda akan diuji, anda bebas mencoba-coba efek dan modifikasi yang anda inginkan.
1.      Efek animasi yang telah anda buat juga dapat diubah urutan tampilannya, yaitu dengan mengklik tombol re-order yang terdapat pada bagian bawah jendela task pane.
2.      Klik tombol play pada bagian bawah jendela task pane untuk mencoba animasi.
3.      Atau klik tombol slide show pada bagian bawah jendela task pane untuk menjalankan animasi pada mode show. Atau tekan F5 untuk berpindah ke mode slide show dan tombol Esc digunakan untuk kembali ke mode normal view.
c.       Menambahkan efek sound pada animasi.
1.      Klik daftar di sebelah kiri salah satu efek animasi yang telah anda terapkan pada jendela task pane.
2.      Pilih Effect Options.
3.      Akan muncul kotak dialog yang berhubungan dengan efek animasi yang bersangkutan.
4.      Klik daftar disebelah kiri kotak daftar sound.
5.      Akan muncul drop down manu, pilih salah satu efek sound yang ingin disertakan pada animasi anda.
6.      Klik [Ok] jika telah selesai.
d.      Menggunakan efek transisi.
Efek transisi adalah efek pergantian slide menggunakan group Transition to this slide. Efek transisi meliputi suara dan animasi. Untuk menambahkan efek transisi, berikut caranya:
1.      Terlebih dahulu, pilih Ribbon Animation.
2.      Kemudian, tampilkan semua pilihan efek transisi dengan mengklik tanda pada grop Transition to this slide.
3.      Setelah itu, pilih bentuk transisi untuk ditampilakan pada lembar kerja.
4.      Lanjutkan dengan menambahkan efek transisi suara di bagian Transition Sound.
5.      Berikutnya, atur kecepatan transisi pada Transition speed.
6.      Kemudian, klik Apply to All untuk menerapkan efek transisi pada semua slide presentasi.
7.      Hilangkan tanda centang pada on mouse click jika anda ingin menampilkan efek transisi tanpa harus melakukan klik.
8.      Selanjutnya, atur waktu tampil setiap slide pada bagian Automatically after.
e.       Membuat hyperlink.
Hyperlink digunakan untuk menghubungkan antara slide satu dengan slide yang lain. dapat juga dengan menghubungkan file presentasi satu dengan file presentasi yang lain. cara menggunakan hyperlink adalah :
1.      Seleksi bagian slide yang akan ditambah hyperlink.
2.      Kemudian pilih Ribbon insert pada group links pilih hyperlink.
3.      Jika ingin membuat hyperlink ke file presentasi lain, pilih direktori dan nama file yang akan dijadikan tujuan pada look in.
4.      Setelah itu, klik OK.
5.      Jika ingin membuat hyperlink ke slide lain yang masih ada dalam satu file presentasi yang sama, klik tombol bookmark. Setelah itu, pilih nama slide yang akan dijadikan link tujuan.
f.       Menggunakan perintah dengan action button.
Hampir sama dengan fungsi dan penggunaan hyperlink, action juga bisa digunakan untuk membuat hubungan antara slide satu dengan slide lain serta hubungan antara file presentasi satu dengan file presentasi lain. namun begitu, action disini bisa digunakan untuk menghubungkan file presentasi anda dengan file program aplikasi lain. Biasanya, action pada Power Point berupa objek tombol. Dengan begitu, anda harus membuat tombol terlebih dahulu, baru kemudian dapat membuat sebuah action.
Cara membuat tombol:
1.      Pilih Ribbon Insert, pada group Illustration > Shape.
2.      Pilih salah satu bentuk tombol pada kategori action button.
3.      Setelah itu, buat tombol pada lembar kerja.
4.      Kemudian, pilih action yang diinginkan. Hyperlink to (untuk membuat action berupa hyperlink ke slide lain atau file presentasi lain). Run Program (untuk mengaktifkan file dari program aplikasi lain, misalnya Microsoft Excel 2007 atau Microsoft Word 2007).

D.    Mencetak Slide sebagai Handout
Sebagai tahap akhir dalam penyajian presentasi akan dilakukan pencetakan handout. Slide presentasi dapat dicetak ke printer dengan berbagai macam tujuan, misalnya saja untuk dijadikan makalah, proposal, dan laporan. Langkah-langkah untuk mencetak slide presentasi sebagai berikut :
1.      Klik menu pilih [File/Office Button] > [Print] atau tekan Ctrl + P.
2.      Akan muncil kotak dialog print.
3.      Tentukan atau pilih nama printer pada kotak daftar [Name].
4.      Tentukan [Print Range], terdapat beberapa pilihan, yaitu:
·         All
Digunakan untuk mencetak seluruh slide presentasi.
·         Current Slide
Digunakan untuk mencetak slide presentasi yang sedang aktif.
·         Selection
Digunakan untuk menvetak slide presentasi yang di sorot.
·         Slides
Digunakan  untuk mencetak slide presentasi berdasarkan nomor slide dan rangenya.
5.      Tentukan [Print What] digunakan untuk menentukan bentuk atau layout percetakan, terdapat beberapa pilihan yaitu slide (untuk mencetak slide), Handouts (untuk mencetak handout), Notes Pages (untuk mencetak notes) dan Outline view.
6.      Tentukan color atau grayscale, tedapat beberapa pilihan, yaitu Color, Grayscale, Pure Black dan White.
7.      Beri tanda ceklis pada:
a.       Scale to fit Paper, jika hasil percetakan ingin disesuaikan dengan ukuran kertas secara otomatis.
b.      Frame Slide, jika hasil percetakan ingin diberi bingkai.
8.      Tentukan Number of copies, jika hasil ingin dicetak lebih dari satu kali.
9.      Klik [Ok].





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Dalam mengolah lembar kerja presentasi pada Microsoft Power Point, kita dapat mengolahnya dengan cara menyisipkan objek, diagram, chart, tabel dan word art, menyisipkan audio, mengatur efek animasi, dan mencetak slide sebagai handout. Dalam membuat slide presentation yang harus di perhatikan adalah : New Blank Presentation dan New From Design Template.
B.     Saran
Kami berharap semoga makalah ini dapat menjadi salah satu referensi dan pengetahuan untuk mengetahui lebih dalam tentang mengolah lembar kerja presentasi. Dan untuk lebih menyempurnakan makalah ini kami berharap saran dan masukan dari para guru/dosen dan rekan sekalian untuk perbaikan makalah ini ke depan.




DAFTAR PUSTAKA
Ø  Rosari, Renati Winong. 2007. Panduan Praktis Microsoft Office 2007. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ø  http://risye05elhusna.blogspot.com/2014/05/mengolah-lembar-kerja-presentasi.html?m=1 (Diakses pada tanggal 8 November 2019)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar