MAKALAH
MENGOLAH LEMBAR KERJA
PERSENTASI
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah TIK
Dosen
Pengampu : Andi Ainunnajib, S.T., M.Pd.I.
Disusun
Oleh :
Gita Robiul Awaliah (18.03.3462)
Rita Nuraprilia (18.03.3496)
INSTITUT
AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID)
FAKULTAS
TARBIYAH
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
CIAMIS
– JAWA BARAT
2019
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga makalah yang berjudul
“Mengolah Lembar Kerja Persentasi” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penulis menyadari banyak kekurangan dalam penulisan makalah
ini, itu dikarenakan kemampuan penulis yang terbatas. Namun berkat bantuan dan
dorongan serta bimbingan dari Bapak dosen mata kuliah TIK serta bantuan dari
berbagai pihak, akhirnya pembuatan makalah ini dapat terselesaikan tepat pada
waktunya.
Penulis berharap dengan penulisan makalah ini dapat
bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan bagi para pembaca umumnya serta
semoga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengembangkan prestasi di masa
yang akan datang.
Ciamis,
November 2019
Penulis
DFTAR ISI
KATA
PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR
ISI................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN............................................................................... 1
A. Latar
Belakang..................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah................................................................................. 1
C. Tujuan
Masalah..................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN................................................................................ 2
A. Menyisipkan
Objek, Diagram, Chart, Tabel dan Word Art................. 2
B. Menyisipkan
Audio.............................................................................. 3
C. Mengatur
Efek Animasi....................................................................... 4
D. Mencetak
Slide sebagai Handout......................................................... 8
BAB
III PENUTUP......................................................................................... 10
A. Kesimpulan........................................................................................... 10
B. Saran..................................................................................................... 10
DAFTAR
PUSTAKA...................................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Microsoft Power Point
merupakan salah satu program aplikasi yang cukup handal dan profesional untuk
membuat presentasi. Fasilitas pada Microsoft Power Point juga sangat lengkap
jika dibandingkan dengan program aplikasi lainnya. Kelengkapan fitur dan
fasilitas di dalamnya membuat user merasa nyaman saat menggunakannya.
Untuk membuat presentasi
yang lebih menarik, di dalam Microsoft Power Point kita bisa menambahkan
berbagai visualisasi seperti gambar, diagram, video, tabel, dan efek animasi,
bahkan kita bisa menambahkan audio untuk membuat presentasi lebih menarik lagi.
Setelah membuat lembar
presentasi, kita bisa mencetak slide-slide yang telah kita buat. Dalam
mencetaknya, kita bisa mencetak satu slide dalam satu lembar atau beberapa
slide dalam satu lembar.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara menyisipkan objek, diagram,
chart, tabel dan word art?
2.
Bagaimana cara menyisipkan audio?
3.
Bagaimana cara mengatur efek animasi?
4.
Bagaimana cara mencetak slide sebagai handout?
C.
Tujuan Masalah
1.
Untuk mengetahui cara cara menyisipkan objek,
diagram, chart, tabel dan word art
2.
Untuk mengetahui cara menyisipkan audio
3.
Untuk mengetahui cara mengatur efek animasi
4. Untuk mengetahui
cara
mencetak slide sebagai handout
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Menyisipkan Objek, Diagram, Chart, dan Word Art
Dalam
presentasi, penambahan objek, diagram, chart, tabel, dan word art akan
memberikan nilai plus tersendiri. Berikut cara menyisipkan objek,
diagram, chart, dan word art.
1.
Menyisipkan Objek
Dokumen presentasi Power Point dapat dilengkapi
dengan objek audio maupun visual untuk menghasilkan presentasi yang menarik.
Ada beragam jenis objek yang bisa disisipkan ke dalam dokumen presentasi anda,
misalnya keterangan, gambar (*.jpg, *.bmp, dan lain-lain), diagram, tabel,
grafik (chart), clipart, WordArt, suara, bahkan movie/film. Caranya letakan
petunjuk mouse pada area slide, klik menu (insert), pilih Picture atau bisa
juga klik Clip Art/ Shapes/ Photo Album, kemudian pilih gambar atau objek yang
diinginkan, klik OK. Aturlah poss dan ukurannya (caranya sama seperti mengatur
gambar pada Microsoft Word)
2.
Menyisipkan Diagram
Untuk menyisipkan diagram, klik menu
Insert → SmartArt Graphic. Pilih salah satu
bentuk diagram untuk kemudian tinggal mengubah teksnya.
3.
Menyisipkan Chart
Untuk menyisipkan Chart, caranya klik
Insert → Chart. Akan muncul lembar kerja toolbar (datasheet) untuk
memasukan data. Perhatikan pada toolbar standar akan muncul tambahan beberapa
icon yang menyangkut grafik dan pada baris menu terdapat penambahan, seperti
menu data, chat, dan pada menu format selected data tabel.
4.
Menyisipkan Tabel
Objek tabel sering digunakan dalam penyajian
presentasi, yang biasanya dipakai dalam pembuatan laporan. Cara menambahkan
objek tabel pada presentasi adalah dengan memilih Ribbon Insert. Pada group
tables, pilih Table →Insert Table dan tentukan jumlah baris dan kolom.
Kemudian masukkan data yang dibutuhkan, setelah itu klik OK. Maka tabel
tersebut akan segera menjadi bagian presentasi.
5.
Menyisipkan WordArt.
Untuk menyisipkan WordArt, caranya pilih slide
yang akan diberi WordArt,, klik menu Insert → WordArt. Pada pilihan
yang ada, pilihlah salah satu kemudian ketik teksnya dan klik OK.
B.
Menyisipkan Audio
Berikut
ini cara menyisipkan Sound pada Power Point, yang nantinya lagu (mp3) akan
terdengar sampai slide terakhir.
1. Buka
presentasi yang akan disisipi suara.
2. Klik menu Insert - Sounds -
Sound from File.
3. Selanjutnya pilih file yang
berekstensi mp3 atau wav.
4. Kalau sudah menemukan lagu
yang cocok untuk dijadikan
background presentasi silahkan klik OK.
5. Selanjutnya akan muncul
pertanyaan How do you want the sound to start in the slide show ?
6. Kalau Anda memilih
Automatically berarti suaranya otomatis berbunyi tanpa harus mengklik area
slide show.
7. Kalau memilih When Clicked
berarti suaranya akan berbunyi setelah Anda mengklik di area slide show.
8. Agar efek suaranya
terdengar lebih mantap, kita harus mengatur sound tersebut lewat menu Custom
Animation. Silakan klik menu Animations - Custom Animation.
9. Klik kanan efek suara (mp3)
- pilih Effect Options.
10. Pada tab Effect,
perhatikan tulisan Start playing, Misalnya Anda menginginkan efek suaranya
muncul saat slide pertama ditampilkan, silakan pilih From beginning. Kemudian,
perhatikan tulisan Stop playing. Misalnya Anda menginginkan efek suaranya ingin
lanjut terus sampai slide yang paling akhir, silakan pilih After slides.
11. Misalnya slide presentasi
berjumlah 11 slide, silahkan ketikkan angka 11 pada kolom yang ada di sebelah
kirinya kata slide.
12. Kemudian klik tab Timing,
perhatikan kata Start, kemudian pilih With Previous, mengapa ? Kalau tetap
menggunakan After Previous efek suara tidak akan muncul kalau berpindah slide,
maka dari itu pilih With Previous.
13. Perhatikan tulisan Repeat.
14. Yang namanya musik / suara,
pasti punya durasi. Misalnya slide yang kita presentasikan dalam jumlah banyak
(misalnya 50 slide) tiba-tiba musiknya berhenti, itu karena musiknya belum di
repeat. Bagaimana caranya agar tetap lanjut sampai slide terakhir ?
15. Mudah, silakan pilih Until
End of Slide.
16. Kalau ingin mengatur tinggi
rendahnya suara dan menyembunyikan icon suara saat di slide show, silakan
menuju tab Sound Settings.
17. Kalau sudah beres semua,
klik OK lalu tekan tombol F5 untuk melihat hasil presentasi yang telah di edit.
C.
Menyisipkan Efek Animasi
Efek
animasi pada slide dapat digunakan agar tampilan slide lebih menarik dan
atraktif. Ada beberapa bagian slide yang dapat diberi efek animasi, yaitu teks,
objek gambar, maupun transisi atau pergantian slide.
Yang
dimaksud animasi adalah membuat teks yang dapat dicetak satu persatu ke dalam
layar, perbagan kata, atau sekaligus dering dengan sound (nada).
a. Memberikan animasi pada
teks.
1. Pilih slide yang teksnya
akan diberi animasi.
2. Pilih Ribbon Animasi, lalu
pilih Animate pada group Animation.
3. Setelah
memilih bentuk animate, maka animasi akan ditampilkan pada lembar kerja.
4. Atau bisa
juga pilih Custom Animation untuk memilih bentuk animate yang lebih banyak.
5. Untuk mengulang tampilan
animasi klik Preview tool. Atau anda juga dapat menekan F5 untuk berpindah ke
mode slide show dan Esc untuk kembali ke mode normal view.
b. Memberikan animasi pada
objek.
1. Pilih slide yang gambar
atau objeknya yang akan diberi animasi.
2. Pilih Ribbon Animations.
3. Pada group Animation, maka
akan muncul jendela task panes Custom animation di sisi kanan lembar kerja.
Pada task panes Custom
Animation terdapat dua menu sebagai berikut:
·
Change/ add effect
Untuk mengubah atau menambahkan animasi pada objek
slide yang diseleksi.
·
Remove
Untuk menghapus animasi dengan mengklik nomor
animasi pada presentasi, lalu mengklik Remove.
·
Start
Untuk menampilkan objek menjadi slide
presentasi, klik mouse. Ada 3 pilihan untuk menampilkan objek, yaitu On Clik
(untuk menampilkan objek dengan mengklik mouse), dan With Previous (untuk
menampilkan objek yang menjadi presentasi secara bersamaan), dan After Previous
(untuk menampilkan objek yang menjadi bagian presentasi satu persatu).
·
Direction
Untuk menampilkan objek dari arah tertentu.
·
Speed
Untuk mengatur keceparan animasi setiap objek.
4. Pilih objek yang anda beri
efek animasi.
5. Klik tombol Add Effect pada
jendela task pane.
6. Akan muncul daftar efek yang
dapat anda pilih. Anda dapat
memilih lebih dari satu
efek untuk setiap objek atau gambar yang akan diberi animasi.
7. Jika telah selesai memberi
efek animasi, anda dapat mengatur modifikasi start, directon, dan speed-nya.
Masing-masing efek animasi memiliki pilihan yang berbeda dalam memodifikasinya.
Disini, kreatifitas anda akan diuji, anda bebas
mencoba-coba efek dan modifikasi yang anda inginkan.
1. Efek animasi yang telah
anda buat juga dapat diubah urutan tampilannya, yaitu dengan mengklik tombol
re-order yang terdapat pada bagian bawah jendela task pane.
2. Klik tombol play pada
bagian bawah jendela task pane untuk mencoba animasi.
3. Atau klik tombol slide show
pada bagian bawah jendela task pane untuk menjalankan animasi pada mode show.
Atau tekan F5 untuk berpindah ke mode slide show dan tombol Esc digunakan untuk
kembali ke mode normal view.
c. Menambahkan efek sound pada
animasi.
1. Klik daftar di sebelah kiri
salah satu efek animasi yang telah anda terapkan pada jendela task pane.
2. Pilih Effect Options.
3. Akan muncul kotak dialog
yang berhubungan dengan efek animasi yang bersangkutan.
4. Klik daftar disebelah kiri
kotak daftar sound.
5. Akan muncul drop down manu,
pilih salah satu efek sound yang ingin disertakan pada animasi anda.
6. Klik [Ok] jika telah
selesai.
d. Menggunakan
efek transisi.
Efek transisi adalah efek
pergantian slide menggunakan group Transition to this slide. Efek transisi
meliputi suara dan animasi. Untuk menambahkan efek transisi, berikut caranya:
1. Terlebih
dahulu, pilih Ribbon Animation.
2. Kemudian, tampilkan semua
pilihan efek transisi dengan mengklik tanda pada grop Transition to this slide.
3. Setelah itu, pilih bentuk
transisi untuk ditampilakan pada lembar kerja.
4. Lanjutkan dengan menambahkan
efek transisi suara di bagian Transition Sound.
5. Berikutnya, atur kecepatan
transisi pada Transition speed.
6. Kemudian, klik Apply to All
untuk menerapkan efek transisi pada semua slide presentasi.
7. Hilangkan tanda centang pada
on mouse click jika anda ingin menampilkan efek transisi tanpa harus melakukan
klik.
8. Selanjutnya, atur waktu
tampil setiap slide pada bagian Automatically after.
e. Membuat
hyperlink.
Hyperlink digunakan untuk
menghubungkan antara slide satu dengan slide yang lain. dapat juga dengan
menghubungkan file presentasi satu dengan file presentasi yang lain. cara
menggunakan hyperlink adalah :
1. Seleksi
bagian slide yang akan ditambah hyperlink.
2. Kemudian
pilih Ribbon insert pada group links pilih hyperlink.
3. Jika ingin membuat hyperlink
ke file presentasi lain, pilih direktori dan nama file yang akan dijadikan
tujuan pada look in.
4. Setelah itu, klik OK.
5. Jika ingin membuat hyperlink
ke slide lain yang masih ada dalam satu file presentasi yang sama, klik tombol
bookmark. Setelah itu, pilih nama slide yang akan dijadikan link tujuan.
f. Menggunakan
perintah dengan action button.
Hampir sama dengan fungsi
dan penggunaan hyperlink, action juga bisa digunakan untuk membuat hubungan
antara slide satu dengan slide lain serta hubungan antara file presentasi satu
dengan file presentasi lain. namun begitu, action disini bisa digunakan untuk
menghubungkan file presentasi anda dengan file program aplikasi lain. Biasanya,
action pada Power Point berupa objek tombol. Dengan begitu, anda harus membuat
tombol terlebih dahulu, baru kemudian dapat membuat sebuah action.
Cara membuat tombol:
1. Pilih
Ribbon Insert, pada group Illustration > Shape.
2. Pilih
salah satu bentuk tombol pada kategori action button.
3. Setelah
itu, buat tombol pada lembar kerja.
4. Kemudian, pilih action yang
diinginkan. Hyperlink to (untuk membuat action berupa hyperlink ke slide lain
atau file presentasi lain). Run Program (untuk mengaktifkan file dari program
aplikasi lain, misalnya Microsoft Excel 2007 atau Microsoft Word 2007).
D.
Mencetak Slide sebagai Handout
Sebagai
tahap akhir dalam penyajian presentasi akan dilakukan pencetakan handout. Slide
presentasi dapat dicetak ke printer dengan berbagai macam tujuan, misalnya saja
untuk dijadikan makalah, proposal, dan laporan. Langkah-langkah untuk mencetak
slide presentasi sebagai berikut :
1. Klik menu
pilih [File/Office Button] > [Print] atau tekan Ctrl + P.
2. Akan
muncil kotak dialog print.
3. Tentukan
atau pilih nama printer pada kotak daftar [Name].
4. Tentukan
[Print Range], terdapat beberapa pilihan, yaitu:
·
All
Digunakan untuk mencetak seluruh slide
presentasi.
·
Current Slide
Digunakan untuk mencetak slide presentasi yang sedang aktif.
·
Selection
Digunakan untuk menvetak slide presentasi yang
di sorot.
·
Slides
Digunakan untuk mencetak slide presentasi berdasarkan nomor
slide dan rangenya.
5. Tentukan [Print What]
digunakan untuk menentukan bentuk atau layout percetakan, terdapat beberapa
pilihan yaitu slide (untuk mencetak slide), Handouts (untuk mencetak handout),
Notes Pages (untuk mencetak notes) dan Outline view.
6. Tentukan color atau
grayscale, tedapat beberapa pilihan, yaitu Color, Grayscale, Pure Black dan
White.
7. Beri tanda ceklis pada:
a. Scale to fit Paper,
jika hasil percetakan ingin disesuaikan dengan ukuran kertas secara otomatis.
b. Frame Slide, jika hasil
percetakan ingin diberi bingkai.
8. Tentukan Number of copies,
jika hasil ingin dicetak lebih dari satu kali.
9. Klik [Ok].
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu
dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.
Dalam mengolah lembar kerja presentasi pada Microsoft Power Point, kita dapat
mengolahnya dengan cara menyisipkan objek, diagram, chart, tabel dan word art,
menyisipkan audio, mengatur efek animasi, dan mencetak slide sebagai handout.
Dalam membuat slide presentation yang harus di perhatikan adalah : New Blank
Presentation dan New From Design Template.
B. Saran
Kami berharap semoga makalah ini dapat
menjadi salah satu referensi dan pengetahuan untuk mengetahui lebih dalam
tentang mengolah lembar kerja presentasi. Dan
untuk lebih menyempurnakan makalah ini kami berharap saran dan masukan dari
para guru/dosen dan rekan sekalian untuk perbaikan makalah ini ke depan.
DAFTAR PUSTAKA
Ø Rosari, Renati Winong.
2007. Panduan Praktis Microsoft Office 2007. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Ø http://risye05elhusna.blogspot.com/2014/05/mengolah-lembar-kerja-presentasi.html?m=1
(Diakses pada tanggal 8 November 2019)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar